Learning Outcome/CPL Prodi

Aspek Sikap (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan (P)

  1. Menguasai konsep dasar pengetahuan mengenai teori Bahasa yang terkait dengan tugasnya sebagai pendidik atau ahli di bidang Bahasa Inggris.
  2. Menguasai prinsip, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk konteks pembelajaran bahasa inggris umum (General English) dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes).
  3. Menguasai prinsip, konsep, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
  4. Menguasai konsep pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan Bahasa Inggris.
  5. Menguasai teori rancangan penelitian Bahasa Inggris baik dalam rancangan penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
  6. Mampu memperdalam, mengkritisi dan menerapkan konsep-konsep entrepreneurship yang berkaitan dengan bahasa Inggris dan kepariwisataan

Aspek Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan pengetahuan dan keahliannya
  3. Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan teori kebahasaan dan praktik profesionalnya melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif yang teruji
  2. Mampu mengkaji, merancang desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum (General English) atau pembelajaran bahasa inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific purposes).
  3. Mampu merancang, meksanakan dan menilai proses pembelajaran yang saintifik, inspiratif, inovatif dengan pemanfaatan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis teknologi komunikasi dan informasi sesuai standar proses dan mutu Pendidikan.
  4. Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan dengan logika berpikir ilmiah terhadap kajian dan masalah Bahasa Inggris dan kependidikan Bahasa Inggris.
  5. Mampu menghasilkan dan mengkomunikasikan karya ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional.
  6. Mampu mengembangkan usaha dalam bidang jasa layanan bahasa dan pariwisata, serta usaha-usaha lain yang berkaitan dengan Bahasa Inggris.